Ingin kecerdasan anak tumbuh optimal? Beri dia makanan ini!

Sehatalajsr.com – Omega 3 adalah salah satu zat gizi yang sangat baik bagi otak anak. Berikut ulasan lebih lanjut mengenai manfaat omega 3 untuk anak!

Manfaat omega 3 untuk anak

manfaat omega 3 untuk anak

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biokimia edisi Juli 2018, menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kadar omega-3 dalam darah, terutama DHA, dengan fungsi otak yang lebih baik pada anak-anak berusia 2-6 tahun.

DHA adalah kependekan dari docosahexaenoic acid, yaitu asam lemak yang termasuk dalam kelompok Omega-3.

Penelitian ini dilakukan pada 307 anak-anak (usia 2-6 tahun) dari Ghana Utara. Tujuan para peneliti adalah untuk menguji hubungan tingkat EPA atau DHA dengan kinerja kognitif anak-anak tersebut.

Ingin kecerdasan anak tumbuh optimal? Beri dia makanan ini!

Kartu perubahan dimensi (DCCS) digunakan untuk menilai fungsi eksekutif anak-anak tersebut. Selama penelitaian, anak-anak diminta untuk mengurutkan serangkaian kartu bivalen berdasarkan warna atau bentuk.

Hasilnya, anak-anak yang memilki level omega-3 dan DHA tinggi, lebih mungkin untuk lulus tes DCCS, daripada anak dengan level omega 3 dan DHA terendah.

Dr. Bill Harris, pendiri OmegaQuant, mengatakan bahwa omega 3 sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif anak.

“Anak-anak di negara berkembang seperti Ghana tidak cukup beruntung, dan mereka cukup kesulitan untuk mengakses makanan yang kaya omega-3. Padahal omega 3 sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif,” ungkapnya.

Harris juga mengungkap bahwa kekurangan omega 3 cukup mudah untuk diatasi.

“Kami senang melihat korelasi positif antara kadar omega-3 dan fungsi otak anak, hal ini karena kekurangan omega-3 sangat mudah diperbaiki. Anak-anak yang kekurangan omega 3 hanya perlu mengonsumsi lebih banyak omega-3, terutama DHA,” tutupnya.

Makanan kaya omega 3 yang perlu dikonsumsi anak

manfaat omega 3 untuk anak

Berikut daftar makanan yang kaya omega 3:

  • Salmon. 85 gram salmon mengandung lebih dari 1.500 mg omega 3.
  • Telur. Satu telur bebek atau ayam mengandung 60 hingga 150 mg omega 3
  • Kacang-kacangan. Beragam kacang-kacangan seperti kacang kedelai, tempe, kacang hazelnut dan almond juga mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi.
  • Sayuran. Berbagai jenis sayuran seperti bayam, kangkung, brokoli, kembang kol juga kaya omega 3.
  • Ikan makarel. Satu porsi ikan makarel mengandung 0.59 g DHA.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu kan, makanan apa saja yang perlu disajikan di rumah agar si kecil bisa tumbuh dengan kecerdasan yang optimal.

Itulah informasi mengenai manfaat omega 3 untuk anak. Semoga informasi di atas bermanfaat!

 2,415 total views,  2 views today

Anda Mungkin Menyukai Postingan Ini :

loading...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!