Inilah Makanan untuk Diet Kesuburan Agar Cepat Hamil

Sehatalajsr – Jika Anda termasuk wanita yang sudah mencoba segala cara agar bisa segera mendapatkan momongan, mungkin tidak ada salahnya untuk mulai mencoba cara yang satu ini, yaitu program diet kesuburan.

Read More

Meski berbeda dengan program diet untuk menurunkan berat badan, namun diet kesuburan juga menuntut Anda untuk memiliki pola makan yang ketat. Apalagi diet kesuburan memang terkenal dengan pola makannya yang berbeda dari biasanya.

5 Menu Diet Kesuburan Agar Cepat Hamil

Program diet yang bertujuan untuk meningkatkan kesuburan menekankan pada pola makan yang teratur, mulai dari waktu, jenis makanan, hingga cara pengolahan makanan itu sendiri.

Tujuan utamanya adalah untuk membantu fungsi reproduksi. Adapun makanan yang wajib untuk dikonsumsi adalah yang memiliki kepadatan nutrisi.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produksi, fungsi, dan keseimbangan sistem hormonal. Termasuk dengan meningkatkan kesehatan sel telur, kesehatan darah, kesuburan sperma, dan perkembangan janin.

Nah, seperti apakah menu dari diet kesuburan itu? Mari disimak.

1. Susu

Selain berfungsi untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan reproduksi. Untuk mendapatkan sumber kalsium, maka susu dan produk olahannya adalah pilihan yang tepat.

Susu Sehat Minuman Penunjang Kehamilan
© Елена Емчук/depositphotos.com
Baca Juga  4 Cara Membedakan Madu Asli atau Palsu, Jangan Sampai Salah Ya

Maka dari itu, perbanyaklah mengonsumsi yogurt, susu, dan keju jika Anda benar-benar ingin cepat hamil. Dalam hal meningkatkan kesuburan, maka pilihlah susu yang kaya lemak karena bisa membantu untuk meringankan resiko terjadinya kemandulan ovulasi.

Namun pastikan bahwa Anda mengonsumsi susu berlemak hanya sekali satu hari, karena konsumsi yang berlebih justru bisa membuat tubuh Anda menimbun lemak.

2. Protein

Penelitian menunjukkan bahwa ada kaitan antara kecukupan zat besi dengan tingkat kesuburan seorang wanita. Jika wanita tersebut memiliki zat besi yang cukup, maka peluangnya untuk bisa hamil lebih tinggi dibanding dengan mereka yang kekurangan zat besi.

Anda bisa memperoleh zat besi dengan mengonsumsi protein hewani seperti daging ayam, sapi, dan kalkun. Dalam program diet kesuburan agar cepat hamil, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi protein hewani sebanyak 2 porsi sehari.

Pastikan pula untuk menghindari daging yang berlemak tinggi dan batasi konsumsinya, karena tubuh dengan kadar protein yang berlebih justru memiliki kaitan dengan turunnya kesuburan seseorang.

Artinya, gantilah satu porsi protein hewani Anda dengan satu porsi protein yang diperoleh dari nabati, misalnya tempe dan kacang-kacangan.

Jika makanan seperti ini membuat Anda merasa alergi atau mual, maka tetap usahakan agar asupan zat besi Anda terpenuhi dengan mengonsumsi suplemen.

Baca Juga  Jangan Dibeli Apalagi Sampai Mengonsumsi Sosis dengan Ciri Brikut, Sosis Imitasi!

3. Karbohidrat Kompleks

Pada dasarnya, karbohidrat kompleks akan dicerna oleh tubuh lebih lama sehingga tidak menimbulkan lonjakan insulin. Karbohidrat kompleks juga akan membantu proses ovulasi menjadi lebih teratur.

Selain itu, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum juga memiliki bermacam-macam nutrisi misalnya asam folat. Zat inilah yang nantinya akan meningkatkan kesuburan serta mengurangi terjadinya cacat tabung saraf pada janin.

Penuhi Asupan Karbohidrat Kompleks Anda dari Gandum Utuh
© Lubos Chlubny/depositphotos.com

Berbeda dengan protein, semakin banyak Anda mengonsumsi asam folat, maka akan semakin positif dampaknya. Untuk itu, penuhi asupan karbohidrat kompleks Anda dari gandum utuh, beras berkulit ari, sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Anda bisa juga mengonsumsi suplemen pra kehamilan yang mengandung 400 mcg asam folat. Usahakan untuk menghindari makanan berkarbohidrat dan tinggi gula seperti roti putih dan beras putih.

Pasalnya, makanan seperti ini bisa membuat kadar gula dan insulin Anda meningkat. Jika kadar insulin di dalam tubuh terlalu tinggi, maka akan mengganggu hormon menstruasi dan reproduksi.

4. Ikan Kaya Lemak

Ikan yang kaya lemak juga wajib dimasukkan ke dalam menu diet kesuburan agar cepat hamil. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 di dalam ikan yang sangat tinggi.

Adapun fungsi dari omega 3 ini adalah untuk melancarkan aliran darah ke organ reproduksi, memaksimalkan sistem reproduksi hormon, dan menurunkan hormon kortisol.

Ikan Sarden, Salah Satu Makanan Penunjang Kesuburan
© Oxana Morozova/depositphotos.com
Baca Juga  Sering Dibuang Saat Dimakan, Ternyata Tangkai Cabai Mempunyai Rahasia Kesehatan yang Tidak Terduga

Horomon kortisol (stres) itu sendiri merupakan pemicu utama yang membuat kadar hormon estrogen wanita menjadi menurun kala mengalami stres.

Anda bisa mendapatkan manfaat ini dari konsumsi ikan sarden dan ikan salmon liar. Jika Anda tidak menyukai ikan, maka penuhilah asupan omega 3 Anda dengan mengonsumsi kenari, biji rami, biji labu, dan telur.

5. Buah Berwarna Gelap

Kandungan antioksidan di dalam buah berwarna gelap bisa membantu untuk mencegah terjadinya penuaan dan kerusakan pada sel-sel tubuh, termasuk untuk sel-sel reproduksi.

Buah Anggur yang Kaya Antioksidan Baik untuk Penunjang Kesuburan
© Dmitry Rukhlenko/depositphotos.com

Oleh karena itu, mengonsumsi buah seperti ini tentu akan membantu sel telur agar bisa tetap sehat dan memiliki umur yang lebih panjang.

Anda bisa mengonsumsi buah anggur, blueberry, dan buah jenis beri lainnya. Semakin gelap warna dari buah tersebut, maka semakin tinggi pula kadar antioksidannya.

***

Sekian informasi mengenai diet kesuburan agar cepat hamil yang tidak ada salahnya untuk Anda coba. Dengan melakukan usaha secara sungguh-sungguh, maka kehamilan akan segera Anda jemput. Selamat mencoba!

Sumber Referensi: https://www.laksani.com/diet-kesuburan-agar-cepat-hamil/
Semoga bermanfaat ya, Klik Tombol SHARE di bawah agar banyak orang yang mengambil manfaatnya dari tulisan ini 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments