Lagi Hits dan Banyak Dicari, Ini 3 Cara Mudah Membuat Bawang Hitam di Rumah

Moms tahu bawang hitam? Bawang ini memang tidak digunakan untuk bumbu masak seperti bawang merah dan putih. Tapi bawang ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh lho Moms! Bawang hitam merupakan bawang putih yang diawetkan sehingga memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan bawang putih. Apa saja sih manfaatnya? Yuk simak berikut ini.

Read More

Bawang Hitam Adalah

Bawang hitam adalah bawang putih yang sudah diawetkan dengan cara disaimpan dalam suhu 60-80 derajat celcius dalam waktu 10-4- hari. Proses pengawetan ini memakan waktu yang cukup lama dan akan menghasilkan bawang yang berwarna hitam. Rasa dari bawang ini lebih manis daripada bawang putih dan tidak memiliki bau yang menyengat.

source: https://image.made-in-china.com/2f0j00OyfEbdtqHYzW/Professional-Top-Quality-Black-Garlic-Export.jpg

Manfaat Bawang Hitam

Bawang hitam memiliki sederet manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh yaitu mulai dari mengobati berbagai penyakit sampai mencegah penyakit kanker. Senyawa allicin yang dikandung oleh bawang hitam dapat mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Bawang ini juga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta sebagai sumber antioksidan. Untuk masalah kecantikan, bawang hitam juga dapat mempercantik kulit dan menurunkan berat badan.

Baca Juga  Inilah Makanan untuk Diet Kesuburan Agar Cepat Hamil

Cara Membuat Bawang Hitam Fermentasi

Alat dan Bahan:
Bawang putih
Alumunium foil
Mangkuk stainles
Oven

Cara Membuat:

Panaskan oven dengan suhu 25-30 derajat
Masukan bawang putih utuh ke dalam mangkuk dan tutup dengan alumunium foil dengan rapat
Panggang bawang putih selama 40-80 hari

Cara Membuat Bawang Hitam Tradisional

Jika Moms tidak ingin menggunakan listrik karena pembuatan bawang hitam memakan waktunya yang lama, Moms bisa menggunakan api kompor untuk membuatnya. Caranya yaitu dengan menyusun bawang putih di atas alas dandang yang diletakkan di dasar wajan, lalu tutup wajan dan masak selama setengah sampai satu jam. Lakukan proses masak selama 20 hari.

source: https://www.gardensall.com/wp-content/uploads/2018/06/Black-garlic-image-by-black-garlic-north-america-BlackGarlicNA.com_.png

Demikian beberapa cara membuat bawang hitam di rumah. Semoga bermanfaat!

Semoga bermanfaat ya, Klik Tombol SHARE di bawah agar banyak orang yang mengambil manfaatnya dari tulisan ini 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments