Viral, Campuran Air Kelapa Muda Jeruk Nipis dan Garam Dalam Mengobati Covid-19, Cek Faktanya!

Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa mengonsumsi air kelapa muda yang dicampur jeruk nipis dan garam ampuh menyembuhkan infeksi virus corona (Covid-19).

Bahkan kabar yang beredar juga menyebutkan bahwa keampuhan ketiga campuran bahan alami tersebut bisa terlihat dalam waktu hanya satu jam saja.

Read More

Kabar tersebut diketahui dibagikan salah satunya oleh Akun Facebook Ita Yurita pada Senin (31/8/2020).

Dalam narasinya postingan tersebut menerangkan khasiat dan cara membuat campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam untuk menyembuhkan Covid-19.

 

Berikut narasi lengkap yang dilayangkan akun tersebut:

“Yth Bapak / Ibu, Mhn izin Kami Share informasi, semoga bermanfaat..

Tolong bantu dikasih tahu ke saudara² kita yg kena covid 19..

Ini obat pemberian dari TUHAN yg mudah didapat yg sangat manjur..

1 biji air kelapa muda 1 biji jeruk nipis diperas 1 sendok makan garam Semuanya diaduk dan diminum airnya…

dijamin 1 jam kemudian virusnya akan hilang….

Mudah mudahan semua dalam keadaan sehat walafiat..

Info dari teman yg kakaknya di kota Bau Bau Sulawesi Tenggara.. obat herbal ini sangat manjur…..

Bisa di infokan ke saudara,teman atau keluarga kita terima kasih….. Indahnya Berbagi”, tulis unggahannya.

Baca Juga  Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Terinfeksi Covid-19

 

Melihat kabar tersebut, benarkah campuran tersebut ampuh menyebuhkan virus corona?

Deputi Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif BPOM, Rita Endang, memastikan hingga saat ini belum ada obat atau vaksin definitif untuk Covid-19.

Menurutnya, obat atau vaksin untuk Covid-19 masih dalam tahap pengujian.

“Saat ini belum ada baik obat maupun vaksin yang definitf sebagai obat atau penanggulangan pencegahan Covid-19. Yang ada adalah masih obat uji,” kata Endang, Senin (31/8/2020), dikutip dari Kompas.com.

Di sisi lain, Epidemiolog sekaligus Juru Bicara Satgas Covid-19 RS UNS, Tonang Dwi Ardyanto, mengatakan campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam dapat membuat tubuh kita kuat melawan virus.

“Namun, dia bukan obat. Campuran minuman itu bukan obat yang secara spesifik berguna untuk melawan suatu penyakit,” kata Tonang kepada tim Cek Fakta Kompas.com, Senin (1/9/2020).

Dia menjelaskan air kelapa muda, perasan jeruk nipis, dan garam memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh, pun bila dikonsumsi terpisah.

Baca Juga  Bakal Berlaku 15 Hari, Anies Baswedan Ubah PSBB Transisi ke Pembatasan Jawa-Bali, Ini Aturannya

Air kelapa muda sudah lama dikenal sebagai sumber antioksidan yang bermanfaat menjaga fungsi-fungsi tubuh dalam posisi seimbang.

Utamanya, pasokan energi dan keseimbangan elektrolit. Air kelapa muda juga mengandung khasiat sebagai antidotum (anti-racun) untuk menetralisir racun.

Sementara, jeruk nipis dapat menurunkan kolesterol. Adapun, garam yang dikonsumsi dalam ukuran yang cukup dapat menjadi nutrisi yang baik bagi tubuh.

Alhasil dapat dipastikan bahwa kabar tersebut tidak benar alias hoaks. Untuk mencegah infeksi Covid-19, protokol kesehatan masih menjadi yang utama.

Diketahui protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, dan rutin mencuci tangan memang sangat penting dilakukan saat pandemi Covid-19 ini.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penularan virus corona sangat sulit diprediksi.

Mereka menyebar terutama di antara orang-orang yang berada dalam kontak dekat atau dalam jarak sekitar 6 kaki untuk waktu yang lama.

Penyebaran virus corona terjadi ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara, dan tetesan dari mulut atau hidung mereka diluncurkan ke udara dan mendarat di mulut atau hidung orang-orang di dekatnya.

Baca Juga  Bukan dari Wuhan, Ilmuwan China Sebut Virus Corona Berasal dari Sumber Air di India, Benarkah?

Sehingga menjalankan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) di masa pandemi ini menjadi kewajiban yang tak boleh diabaikan.(*)

Sumber : health.grid.id

Semoga bermanfaat ya, Klik Tombol SHARE di bawah agar banyak orang yang mengambil manfaatnya dari tulisan ini 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *